Pembelajaran PAKEM

Pembelajaran PAKEM
PAKEM merupakan model pembelajaran yang bertumpu pada 4 prinsip yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aktif maksudnya bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan pendapat atau gagasan. Dalam hal ini, seorang guru harus mampu memanfaatkan modalitas belajar yang dimiliki siswa baik visual, auditorial dan kinestetik. kreatif dapat juga diartikan menumbuhkan motivasi, percaya diri dan kritis, sehingga pembelajaran menjadi tidak monoton dan penuh kreativitas. Efektif dapat diartikan memanfaatkan waktu yang ada. Dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dirancang. Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat dilihat dari penampilan guru yang menarik, suasana belajar yang aktif, kaya dengan metode belajar, desain kelas yang tidak membosankan, sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh 10 pada waktu belajar dan waktu curah perhatian siswa terhadap pembelajaran menjadi tinggi. Ciri PAKEM Menggunakan multi metode, multi media:
a) Praktek dan bekerja dalam tim
 b) Memanfaatkan lingkungan sekitar;
c) Pembelajaran di dalam dan di luar kelas;
d) Multi aspek (logika, praktika, etika).
Tujuan PAKEM adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Kegiatan PAKEM mengeksplorasi pengelolaan kelas belajar aktif, strategi dan teknik pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berfikir. Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
1.      Pembelajarannya mengaktifkan peserta didik
2.      Mendorong kreativitas peserta didik &guru
3.      Pembelajarannya efektif
4.      Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik.
Kelebihan/keungulan model PAKEM
1.      Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
2.      Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
3.      Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
4.      Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
5.      Pakem menghargai potensi semua siswa
6.      Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya.
Kekurangan/kelemahan model PAKEM
1.      Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan, pintar/kurang pintar, social, ekonomi tinggi/rendah
2.      Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
3.      Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
4.      Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
5.      Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
6.      Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup.

Refleksi

PAKEM merupakan pembelajaran siswa melakukan kegiatan mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pemahaman sehingga belajar lebih menyenangkan. Dalam pembelajaran PAKEM, guru menggunakan alat yang digunakan untuk membangkitkan semangat. PAKEM adalah singkatan dari pembelajaran yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Cirri PAKEM yaitu dapat mengaktifkan peserta didik, pembelajaran menjadi efektif karena pembelajaran secara aktif dan kreatif, serta menjadi menyenangkan. Pembelajaran PAKEM dapat digunakan pada jenjang tertentu sesuai dengan kondisi. Seperti contoh pembelajaran menyenangkan pada tingkat SD/MI berbeda dengan pembelajaran tingkat SMA. 

Komentar

  1. pelajaran apa yang dapat anda terapkan sebagai calon guru dari metode pakem ? dan cocokah pakem diaplikasikan untuk semua jenjang?

    BalasHapus
  2. pembelajaran dengan menghias ruang kelas dengan senyaman mungkin dan indah karena dengan suasana yang indah dan tentram siswa akan nyaman dan kegiatan belajar mengajar menjadi efisien. tidak semua jenjang dapat melakukan metode Pakem ini, tergantung pada tingkatannya. tidak mungkin siswa SMA dalam belajar mengajar di suatu ruangan yang penuh dengan hiasan bunga, burung, atau kapal-kapal an. terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar