Pembelajaran PAKEM
PAKEM merupakan model pembelajaran yang bertumpu pada 4 prinsip yaitu
aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aktif maksudnya bahwa dalam proses
pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa, sehingga siswa
aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan pendapat atau gagasan. Dalam
hal ini, seorang guru harus mampu memanfaatkan modalitas belajar yang dimiliki
siswa baik visual, auditorial dan kinestetik. kreatif dapat juga diartikan
menumbuhkan motivasi, percaya diri dan kritis, sehingga pembelajaran menjadi
tidak monoton dan penuh kreativitas. Efektif dapat diartikan memanfaatkan waktu
yang ada. Dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan perencanaan
pembelajaran yang telah dirancang. Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar
yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat dilihat dari penampilan
guru yang menarik, suasana belajar yang aktif, kaya dengan metode belajar,
desain kelas yang tidak membosankan, sehingga siswa memusatkan perhatiannya
secara penuh 10 pada waktu belajar dan waktu curah perhatian siswa terhadap
pembelajaran menjadi tinggi. Ciri PAKEM Menggunakan multi metode, multi media:
a)
Praktek dan bekerja dalam tim
b) Memanfaatkan lingkungan sekitar;
c)
Pembelajaran di dalam dan di luar kelas;
d)
Multi aspek (logika, praktika, etika).
Tujuan PAKEM adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan
sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Kegiatan PAKEM mengeksplorasi
pengelolaan kelas belajar aktif, strategi dan teknik pembelajaran yang efektif
untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berfikir. Ciri-ciri/karakteristik
PAKEM adalah:
1. Pembelajarannya
mengaktifkan peserta didik
2. Mendorong
kreativitas peserta didik &guru
3. Pembelajarannya
efektif
4.
Pembelajarannya menyenangkan utamanya
bagi peserta didik.
Kelebihan/keungulan
model PAKEM
1. Pakem
merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
2. Dalam
pakem siswa belajar bekerja sama
3. Pakem
mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
4. Pakem
mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
5. Pakem
menghargai potensi semua siswa
6. Program
untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan
kualitasnya.
Kekurangan/kelemahan
model PAKEM
1. Perbedaan
individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan,
pintar/kurang pintar, social, ekonomi tinggi/rendah
2. Pembelajaran
belum membelajarkan kecakapan hidup
3. Pengelompokan
siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa
sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
4. Guru
belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
5. Pajangan
sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
6. Pembelajaran
masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar
pertanyaanya bersifat tertutup.
Refleksi
PAKEM merupakan
pembelajaran siswa melakukan kegiatan mengembangkan ketrampilan, sikap, dan
pemahaman sehingga belajar lebih menyenangkan. Dalam pembelajaran PAKEM, guru
menggunakan alat yang digunakan untuk membangkitkan semangat. PAKEM adalah
singkatan dari pembelajaran yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Cirri
PAKEM yaitu dapat mengaktifkan peserta didik, pembelajaran menjadi efektif
karena pembelajaran secara aktif dan kreatif, serta menjadi menyenangkan.
Pembelajaran PAKEM dapat digunakan pada jenjang tertentu sesuai dengan kondisi.
Seperti contoh pembelajaran menyenangkan pada tingkat SD/MI berbeda dengan
pembelajaran tingkat SMA.
pelajaran apa yang dapat anda terapkan sebagai calon guru dari metode pakem ? dan cocokah pakem diaplikasikan untuk semua jenjang?
BalasHapuspembelajaran dengan menghias ruang kelas dengan senyaman mungkin dan indah karena dengan suasana yang indah dan tentram siswa akan nyaman dan kegiatan belajar mengajar menjadi efisien. tidak semua jenjang dapat melakukan metode Pakem ini, tergantung pada tingkatannya. tidak mungkin siswa SMA dalam belajar mengajar di suatu ruangan yang penuh dengan hiasan bunga, burung, atau kapal-kapal an. terimakasih
BalasHapus